Kamis, 19 November 2015

18 Week Pregnancy: Galau Memilih Dokter Kandungan dan Rumah Sakit

Urusan memilih dokter kandungan itu jadi issue penting buat saya. Yup, jujur aja, kenyamanan komunikasi dan referensi terkait pandangan dokter mengenai persalinan (khususnya normal atau section caesarian – SC) itu penting banget untuk menentukan dokter mana yang bakal saya “hire” selama kurang lebih 40 minggu. Sebenernya dari dua pengalaman kehamilan ini (termasuk yang sekarang) saya jadi punya dua dokter favorit, dan tentu saja dua-duanya dokter wanita. Saya memang prefer mencari dokter wanita, yaaa tau sendiri lah ya nantinya proses melahirkan itu bagaimana, hehe… Saya masih ga nyaman aja ketika bagian yang sudah saya tutupin pake hijab ini harus terekspose ke laki-laki selain suami saya, meski judulnya dengan dokter, dan meski orang lain bilang “kalo dokter kandungan udah bosen kali lihat kayak begituan, pasti udah nanganin minimal ratusan pasien”. Tetep ajaaa berasa risih kemana-mana :D Nah, di usia kehamilan yang udah menginjak 18-19 minggu ini, sebenernya saya sudah mantep sih dengan dokter yang menangani saya dari awal kehamilan. Dokter wanita saya ini ramah, ceria, komunikatif, dan memang ceriwis (in a good way tentunya yah), dan juga ga banyak pantangan atau menginformasikan hal-hal yang bikin bumil kuatir, hehehe… Namanya dr. Kartika Hapsari, kebetulan tempat praktik bu dokter ini yang biasa saya kunjungi ada di daerah Bintaro sektor 9, ga tlalu jauh lah dari rumah. Tapiiii…tempat praktik beliau ini kan klinik kecil yah (googling ajah Bintaro Women and Children Clinic), jadi privacy di ruang perawatannya (kalo buat saya dan suami lhoo) masih kurang, karena ruang persalinan dan perawatannya itu ada di satu area dengan tempat praktik dokter dan tempat tunggu pasien. Ditambah lagi, untuk kamar mandi berada di luar. Jadi kalo mau ngebayangin nih, misalnya saya habis ngelahirin dan pengen pipis, dan harus keluar kamar dengan kondisi yang berantakan, dan di luar lagi rame pasien antri, kan ga enak banget yaaah… (ini kasus riil yang saya alami waktu habis persalinan anak pertama, untungnya di ruang persalinan ada toiletnya). Makanyaa saya dan suami belum punya bayangan bakal lahiran di mana nih, karena kalo di BWCC sepertinya kurang memungkinkan…. udah hampir setengah jalan kehamilan tapi masih galau bangeet  Lha terus kenapa ga ke tempat praktik si dokter yang lain aja? Iya sih, beliau ini juga praktik di RS lain, tapi jauh2 cuy! Yang satu di RS Buah Hati Ciputat, satu lagi di RS Harapan Kita. Jauh-jauh kan yah dari Ciledug… dan lagi suami saya prefer untuk cari RS bersalin di seputaran Ciledug – Bintaro aja, dengan alasan kemudahan karena sekarang udah ada si kakak yang pasti pengen ikut terus ke RS, dan pertimbangan bakal bolak-balik dari RS ke rumah. Jadi pilihannya kalo dikerucutin hanya RS Premier Bintaro sama RS Sari Asih aja nih, which is dua-duanya saya belum tau gimana referensi dokternya. Sebenernya kalo di Sari Asih saya pernah ke dokter Arum (Purnagari), tapi first impression sih biasa aja yah, ga pendiem banget, tapi ya ga terlalu “rame”, hehehe…(entah kenapa saya lebih cocok sama dokter yang rame :D). Dan sebenernya, kalo masalah service rumah sakit sih saya sudah cocok juga dengan RS ini, yah kecuali keriwehannya, soalnya tiap jam konsultasi dokter pasti rame banget! Tapi di luar itu, secara service perawat+bidan, kamar, dan (tentunya) biayanya itu sangat oke lah! Nah kalo RS Premier Bintaro, belom pernah sama sekali nih.. ada sih satu dokter cewek yang pernah dibahas di forum2, namanya dr. Rudiyanti. Tapi ada yang pengalamannya cukup ok, ada juga yang kurang ok, jadi bingung hehehe…trus kalo biaya ya pastinya di sini cukup mahal lah, kalo ga salah perkiraan biaya persalinan normal di sini (kamar vip/1 orang) 16 – 17 juta, bandingin dong dengan Sari Asih yang 3 tahun lalu masih 9 juta aja hehe..yah kalopun naik ga akan sampe angka 15 juta sih ya kayaknya… Nah kalo rencana dalam waktu dekat sih memang saya akan coba konsul ke dokter Arum lagi nih, kalo second impression lebih baik ya Alhamdulillah yaaa, berarti udah dapet tempat buat lahiran  dan yang penting harus memastikan bahwa beliau ini pro normal dan pro asi. Semoga bulan depan sudah ada kabar baik, aamiin  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar